Duel Blog Niche #4: Domain, Hosting, Konten dan Biaya

Setelah artikel Duel Blog Niche terakhir yaitu menentukan target kata kunci untuk blog niche saya posting, sudah hampir dua bulan DBN belum saya update. Saya mohon maaf kepada Kang Yudiono sebagai penyelanggara, peserta DBN lainnya, dan Anda yang tertarik mengikuti jalannya DBN ini atas hal ini.

Ada banyak kesibukan offline yang cukup menyita waktu saya. Sehingga kegiatan nge-blog saya sedikit terganggu. Kegiatan hari raya umat Hindu seperti Nyepi, Galungan dan Kuningan, serta upacara adat menyita waktu saya. Selain itu, terpilihnya saya sebagai ketua panitia sebuah kejuaraan olah raga yang diadakan selama 2 minggu membuat sebagian waktu dan fokus saya tercurah kesana. Sehingga hampir semua blog saya terbengkalai.

Cukup sudah curhat dan basa-basinya. Langsung saja saya bahas seri ke-4 dari DBN yang saya ikuti. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya saya memilih kata kunci Phen375 Customer Reviews sebagai kata kunci utama yang saya bidik. Tentunya langkah berikutnya adalah memilih domain untuk blog niche tersebut.

Domain Blog Niche

Domain
Dalam mebuat blog niche banyak blogger berpengalaman menyarankan sebaiknya domain yang dipilih adalah domain yang mengandung kata kunci yang dibidik atau istilah lainnya keyword on domain/KOD. Dan akan lebih baik jika menggunakan exact match domain atau domain yang tepat dengan kata kunci. Jika saya membidik kata kunci Phen375 Customer Reviews, maka akan sangat bagus jika saya memakai domain Phen375CustomerReviews .com, .org, .net atau ekstensi yang lainnya.

Namun sayang sekali, seperti yang saya prediksi, exact match domain tersebut sudah ludes, terutama yang berekstensi .com, .org, dan .net yang menjadi favorit saya. Oleh karena itu saya mencari alternative lain untuk nama domain yang saya gunakan. Domain yang menggunakan hyphen atau tanda “-” kurang saya sukai. Begitu pula nama domain yang panjang atau lebih dari 3 kata juga kurang saya sukai.

Jadi saya memutuskan untuk tidak menggunakan exact match domain untuk blog niche saya dan mencoba mencari partial match domain saja. Domain yang saya gunakan harus mengandung sebagian kata kunci yang saya bidik. Oleh karena saya membidik kata kunci Phen375 customer reviews, maka domain yang saya pilih wajib berisi kata Phen375, dan harus mengandung salah satu dari kata customer atau reviews, serta tidak lebih dari 3 kata.

Dan setelah melalui beberapa pertimbangan akhirnya kata Reviews saya ganti dengan kata Reports. Maka domain Phen375CustomerReports.com menjadi pilihan terakhir saya. Saya memilih kata reports sebagai pengganti kata reviews karena nama domain tersebut mudah diingat. Jika pengunjung melihat namanya, blog ini terkesan sebagai website yang menyediakan laporan-laporan dari penggunakan Phen375.

Domain tersebut saya register di NameCheap dengan biaya $10,69/Tahun termasuk Free Whois Guard. Dengan menggunakan kupon diskon maka harga yang saya dapat adalah sebesar $9,79 untuk tahun pertama. Simak cara mendaftarkan domain di NameCheap.

Hosting

iPageUntuk urusan hosting saya menggunakan iPage karena hosting saya di BlueHost yang saya gunakan untuk blog ini, sudah cukup banyak menampung website. Saya khawatir hal ini mempengaruhi performa hosting tersebut.

Kebetulan bulan Januari lalu iPage menggelar promo web hosting. Saya hanya cukup membayara sebesar $1,00 untuk 1 tahun pertama. Sayang promo tersebut sudah berakhir.

Namun, jangan khawatir, jika Anda ingin menyewa hosting di iPage, bulan April ini iPage menggelar promo. Anda hanya cukup membayar $1,99/bulan untuk 3 bulan pertama. Promo ini berlaku sampai dengan 19 April 2013. Simak cara mendaftar iPage.

Content Management System (CMS)

WordPress masih menjadi CMS favorit saya. Setelah mengarahkan domain ke hosting, saya langsung melakukan instalasi wordpress.

Plugin

Selanjutnya melakukan instalasi plugin-plugin yang saya perlukan saja, seperti:

Theme

Untuk sementara ini saya menggunakan theme Shell Lite dari DevWP. Saya melakukan beberapa perubahan ke theme ini seperti menambahkan tombol sharing, mengubah beberapa tata letak, dan beberapa perubahan lainnya. Namun, saya belum puas dengan theme ini karena tidak support mobile device dan dalam waktu dekat akan menggunakan theme baru yang support mobile device.

Konten

Untuk urusan konten saya melakukan outsourcing di beberapa website diantaranya di Hire Writers dan iWriter. Harga artikel di HireWriters dan iWriter bervariasi tergantung dari level penulis yang Anda inginkan. Di Hire Writers harganya mulai dari $2,75 untuk artikel 500 kata, sedangkan di iWriter harganya mulai dari $3,00 untuk artikel 500 kata. Cara memesan artikel di HireWriters dan iWriter akan saya posting pada artikel selanjutnya.

Biaya

Sampai saat ini proyek blog niche ini telah menghabiskan biaya sekitar $87,5 US dari total anggaran maksimal yang saya rencanakan yaitu $150. Rincian biaya yang saya telah gunakan adalah sebagai berikut:

  1. Domain: $9,97
  2. Hosting: $1,00
  3. Artikel: $46,5. 5 artikel untuk blog dan 1 artikel press release.
  4. SEO dan Link building di Fiverr: $30. Detail link building yang saya lakukan pada blog ini akan saya bahas selanjutnya pada sebuah artikel.

Rencana Selanjutnya

Selanjutnya saya akan menambah beberapa artikel ke blog ini, sekitar 5-10 artikel secara bertahap. Jika ada waktu, artikel tersebut rencananya akan saya tulis sendiri. Jika tidak saya akan memesannya di Hire Writers atau iWriter.

Selain itu, saya juga akan melakukan beberapa link building lagi ke blog tersebut karena saat ini posisinya di halaman hasil pencarian Google untuk target keyword yang saya bidik belum seperti yang saya harapkan. Terkahir saya cek, posisinya belum masuk top 100 hasil pencarian Google.

25 komentar ke “Duel Blog Niche #4: Domain, Hosting, Konten dan Biaya

  1. Welcome back to DBN, Gus Adit. Update yang komprehensif.

    Saya juga pernah menggunakan HireWriters. Para penulis di situs tersebut lebih baik karena berasal dari negera-negara tertentu yang memang menggunakan bahasa Inggris-nya bagus. Sayangnya, harga artikel menjadi mahal kalau kita memesan langsung (direct order)kepada penulis yang menjadi favorit kita.

    Terlepas dari itu, saya telah melihat blog niche Anda. Desainnya simple dengan konten yang baik. Yang menarik lainnya adalah jumlah share-nya (Twitter, FB, dan Google Plus) yang cukup banyak. Apakah itu alami atau hasil membeli gig social shares di Fiverr? Kalau via Fiverr, saya tertarik siapa penyedia gignya.

  2. pengetahuan bahasa inggris saya sangat kurang, berharap sekali jika dipostingan berikutnya dijelaskan secara detail cara pesan artikel di HireWriters dan iWriter.
    Terima kasih Gus Adit

  3. Halo Bli..

    Hari ini saya iseng-iseng mengecek rangking peserta DBN , hasilnya untuk Blognya Bli :

    – Google # 39
    – Yahoo # 35
    – Bing # 19

    Selamat ya bli…oh ya boleh tahu trafik blognya saat ini dgn rangking seperti itu..?

    • Terima kasih untuk informasinya Bli. Ceknya pake LTP ya? Ranking segitu belum ada traffic yang significant bli. Maklum hanya page 4. Kalau page 2 mungkin akan ada puluhan.
      Malah kata kunci yang tidak saya tembak nongol di Page 2. Sayang search volumne sedikit untuk kata kunci itu. Nanti saya update di postingan.

  4. Gan ane mau tanya nih,ane kan baru akan mulai bikin blog affiliate..yg gak punya modal utk beli domain,hosting,jasa writter dsb..(bener2 dari nol) yg mau ane tanyakan:
    1.apakah mungkin blog affiliate bisa dibuat dengan blogger.com (subdomain) ?
    2.untuk artikel bagus gak jika ane ambil dari ezinearticles.com (gratisan)
    mohon solusi dan bimbingannya.
    Terima kasih sebelumnya.

    • 1. Boleh saja. Saya juga ada beberapa blog affiliate menggunakan blogger. Namun, jangan terlalu banyak artikel berbau affiliate. Selingi dengan artikel tips atau yang lain. Takutnya ntar di razia sama yang punya. Malah dibanned nanti.
      2. Artikel jangan copas mentah2. Gunakan artikel unik. Kalaupun ambil dari Ezine, di tulis ulang atau rewrite biar unik.

  5. Ya Ampun Bli !!!!
    Aku terkesima sama gaya penulisan yg puanjang, tetep detil, ga mbosanin sm skali. Lbh terkesima lagi :”kok betah bgt nulisnya sih??”
    salut deh Mas Bli.. Lanjut ke “Duel Blog Niche #5” dst..
    Makasih utk bagi2 ilmunya (Y)

  6. Pak Gus, say’a mau Tanya, APA semua materi artikel berasal Dari iwriter atau kita kasih kisi 2. misal testimonial dari produk, says baru saja lihat blog duelnya.

Berikan Komentar

Gunakan nama real Anda (bukan nama blog atau kata kunci blog) pada kolom nama dibawah atau komentar Anda akan dianggap spam.