Cara Mengatur Plugin SEO Smart Links

Payoneer

Pada artikel cara membuat link secara otomatis pada keyword tertentu kemarin, saya telah membahas mengenai plugin SEO Smart Links. Pada postingan tersebut saja juga telah memberikan tutorial Cara Install Plugin SEO Smart Links tersebut. Kali ini saya ingin membahas cara mengatur plugin SEO Smart Links agar link yang otomatis terbuat sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Selain itu, hal ini juga berguna agar plugin tidak membuat link yang kurang relevan dengan isi postingan serta tidak terlalu banyak membuat link.

Sebenarnya pengaturan plugin SEO Smart Links ini saya rasa tidak terlalu susah. Mungkin banyak dari Anda yang tidak mengalami kesulitan dalam melakukan pengaturan. Namun, mungkin banyak pula dari Anda yang belum begitu paham hal ini. Berikut beberapa pengaturan pada plugin SEO Smart Links:

  1. Internal Links. Pada bagian ini Anda bisa mengatur dimana link otomatis itu akan muncul. Apakah pada posting, di static page, atau komentar. Sedangkan Allow links to self befungsi menginjinkan sebuah postingan memberikan link pada postingan itu sendiri.
  2. Internal Links

  3. Excluding. Prevent linking in heading tags (h1,h2,h3,h4,h5,h6) berfungsi untuk mencegah terjadinya link otomatis pada keyword yang mempunyai tag h1, h2, dan seterusnya.
  4. Excluding

  5. Target adalah tujuan link. Apakah ke posting, static page, kategori atau tags.
  6. Target

  7. Setting. Pada seting terdapat dua pilihan yaitu Process only single posts and pages dan Process RSS Feed. Opsi yang pertama yaitu Process only single posts and pages adalah hanya menampilkan link otomatis pada single page. Jadi pada home page link otomatis tidak akan muncul. Sedangkan yang kedu Process RSS Feed berfungsi untuk menampilkan link otomatis pada RSS Feed.
  8. Settings

  9. Ignore Post and Pages berfungsi untuk mencegah dibuatnya link otomatis pada posting atau static page tertentu. Anda cuku memasukkan post slug, ID atau nama dari post atau page yang Anda mau. Misalkan saya tidak ingin link dibuat secara otomatis pada halaman About, ToS, atau Contact. Maka saya masukkan slug dari halaman tersebut.
  10. Ignore Posts and Pages

  11. Ignore Keywords berfungsi untuk tidak memberikan link pada keyword tertentu. Misalkan, Anda tidak ingin link otomatis dibuat dan menuju ke halaman About ketika pada artikel ditemukan keyword “about”. Maka masukkan keyword tersebut pada Ignore Keywords.
  12. Ignore Keywords

  13. Custom keywords berfungsi untuk memasukkan beberapa keyword yang Anda ingin agar membuat link secara otomatis. Pada input yang disediakan, masukkan 1 atau lebih keyword dan pisahkan dengan tanda koma (,) serta tambahkan link tujuan. Sebagai contoh, mislakan pada blog ini saya ingin agar setiap keyword Tutorial WordPress atau Tips SEO agar terbuat link otomatis ke Home Page blog ini dengan alamat url https://www.gusadit.com. Maka pengaturan yang saya masukkan adalah Tutorial WordPress, Tips SEO, https://www.gusadit.com/.

    Custom Keywords
    Sedangkan Prevent Duplicate links for grouped keywords (will link only first of the keywords found in text) berfungsi untuk mencegah terjadinya duplicate link pada keyword dalam satu group. Contohnya seperti keyword tadi yaitu Tutuorial WordPress dan Tips SEO yang menjadi satu group. Jika opsi ini Anda tandai maka, plugin ini hanya akan memberikan link pada keyowrd yang ditemukan lebih dahulu. Apabila keyword Tutorial WordPress ditemukan lebih dahulu, maka keyword tersebut saja yang diberikan link. Sedangkan Tips SEO tidak akan diberikan link. Begistu juga sebaliknya.

  14. Limits berfungsi untuk mengatur jumlah link. Pada opsi ini ada tiga pengaturan yaitu Max Links, Max Single dan Max Single URLs. Max link adalah jumlah maksimum link yang dibuat secara otomatis pada sebuah posting. Max Single adalah jumlah maksimum link untuk keyword yang sama. Max Single URLs adalah jumlah maksimum link untuk URL yang sama.
  15. Limits

  16. Extenal Links berfungsi untuk mengatur link eksternal yang dibuat oleh SEO Smart Links. Anda bisa menambahkan tag nofollow dan mengaturnya untuk terbuka di jendela baru. External Links hanya terjadi jika Anda mensetnya pada custom keywords. Jika Anda tidak mengaturnya, maka tidak akan terjadi eksternal link.
  17. External Links

Sedikit saran bagi Anda, jangan terlalu banyak menjejali artikel dengan link yang tidak perlu atau tidak berhubungan dan aturlah maksimum link yang tepat, agar pembaca blog Anda merasa nyaman. Usahakan juga agar SEO Smart Link tidak membuat link yang sama atau link yang mengarah ke URL yang sama tidak lebih dari 1 link dalam 1 artikel. Untuk itu, aturlah setting pada poin nomor 8 yaitu opsi limit secara tepat.

Selain itu, usahakan untuk tidak membuat link eksternal yang banyak. Akan lebih bagus jika Anda memasukkan link eksternal dengan cara manual. Hal ini mencegah terjadi link eksternal yang telalu banyak tanpa sepengetahuan kita.

Jika Anda mempunyai tips tambahan untuk plugin SEO Smart Links ini silahkan ajukan melalui kotak komentar. Selamat mencoba!

Hosting Blog WordPress MurahButuh web-hosting tangguh untuk website Anda?
Saya rekomendasikan hosting berikut:
Hostgator
Dengan system pembayaran bulanan atau tahunan mulai dari $3.96/bulan Anda bisa mendapatkan paket hosting dengan fitur:
Unlimited Disk Space
Unlimited Bandwidth
Unlimited Subdomains
Unlimited Email Accounts
Unlimited FTP Accounts

Anda bisa menggunakan coupon: GUSADIT25OFF untuk mendapatkan diskon sebesar 25%. Langsung saja kunjungi Hostgator

61 komentar ke “Cara Mengatur Plugin SEO Smart Links

  1. makasih atas infonya gus (gus panggil gus)hahahahahaha
    emm SEO Smart Link adalah plugin wordpress yang berguna untuk membantu me-link-kan keyword tertentu yang terletak pada posting secara otomatis. Tinggal setting pengaturan dan setelah diproses maka keyword2 tadi akan berubah menjadi link. Plugin ini sangat cocok bagi yang ingin meningkatkan SEO blog..
    Dan WordPress memberikan kepuasan bagi kita yang menggunakanya. dan saya salut kepada para developer di wordpress yang tak lelah selalu memeras otak untuk hasl yang memuaskan

  2. bli Gus. Saya memakai Automatic SEO Links. Fungsinya hampir sama dengan SEO Smart Links. Bedanya kita bebas menentukan jenis link pada setiap kali menambahkan sebuah link. Sekedar perbandingan aja, bli :)

    • @Gus Ikhwan: Thanks Gus. Sejak pindah ke WP memang banyak fitur dan plugin yang dimanfaatkan untuk meningkatkan SEO blog.
      @Budiastawa: Saya coba dulu Bli. Makasi infonya!

  3. Terus terang saya masih belum banyak mengetahui ttg SEO, saya hanya nulis dan menulis terus di blog tanpa memperhatikan SEO, sebenernya dimulai dari mana yah belajar SEO itu?

    • @Kavke: Ya nie sob. Thanks kunjungannya.
      @Joko Santoso: Mungkin dimulai dari link building mas. Karena Mas Joko sudah membuat banyak konten.

  4. Salam kenal gus..btw gw tertarik belajar seo dari gus, tapi gw jg pengen tau bagaimana cara setting plugin seo slugs nee..gw tngg artikelnya tentang seo slugs ya gus…thank’s beraaat deh..

  5. Bos…. pluginnya kok error terus setiap saya save di optionnya ya?
    Keluar…
    You do not have sufficient permissions to access this page
    Sy pake wp 2.8 pake 3.01 jg sama

  6. Siip…..
    Tak coba langsung sukses. Makasih boss artikelnya sangat berguna bagi pemula seperti saya.
    Buat artikel lagi donk.!?

  7. pas sekali saya dapat postngan tentang plugin ini, soalnya mau pasang tapi bingung..hehe, thnaks ya bro, oya kalo bleh tau bro screeshot diatas pakek plugin juga ya, tampilannya cantik, kasih tau donk.sorry mash nubie ni..hehe

  8. Salam kenal Mas, Mo tanya:
    Blog punyaku kok nda bisa diinstal plugin ini ya Mas! Udah aku setting tapi nda bisa muncul linksnya! :(

    setting wp-config.php udah aku tambahin ini:
    (‘ENABLE_CACHE’, true); File Permission juga udah aku ganti 755, tapi tetep gak jalan internal linknya? *_*

  9. Bagus banget nih plugin untuk memberikan link pada keyword utama kita. Nice share, mas gus! Sudah aku terapin di blog saya. Tetap berjaya ya =)

  10. tapi kok bisa ya tag nya langsung jadi link di kata yang menyangkut keyword di artikel postnya. . . .gimna caranya yang itu ya. . .

  11. Thanks banget buat infonya,saya udah lama banget pakai pluggin ini.saya kira secara otomatis bisa ndetek keyword dan langsung ngelink ke post, ternyata bukan. setelah baca artikel ini jadi tahu

  12. wah mantap gan….Saya sangat terharu dengan ide anda membuat tutorialnya sehingga banyak yang terbantu,makasih yan.
    kalo saya senangnya Onpage dan OffPage

Berikan Komentar

Gunakan nama real Anda (bukan nama blog atau kata kunci blog) pada kolom nama dibawah atau komentar Anda akan dianggap spam.