Mengarahkan Domain ke Server Hosting

Payoneer

Untuk membuat sebuah blog wordpress dengan hosting sendiri, Anda tentu membutuhkan sebuah domain dan sebuah webhosting. Apabila Anda membeli domain sekaligus hosting pada satu provider, biasanya domain yang Anda beli telah diarahkan ke server hosting tersebut. Namun, Apabila Anda membeli domain dan hosting secara terpisah, tentu saja Anda mesti mengarahkan domain tersebut ke sever hosting agar Anda bisa mempublikasikan blog Anda. Oleh karena itu, pada posting pertama blog Gus Adit ini, saya akan membahasa bagaiman cara mengarahkan domain ke server hosting yang telah Anda beli.

Untuk mengarahkan sebuah domain ke server web hosting, Anda hanya perlu merubah pengaturan name server pada sisi domain. Name server yang digunakan adalah name server web hosting yang akan digunakan. Biasanya name server sebuah hosting seperti ini: ns1.namahosting.com dan ns2.namahosting.com. Contohnya pada hosting yang saya gunakan yaitu blue host, name servernya adalah ns1.bluehost.com dan ns2.bluehost.com. Untuk mengetahui name server hosting yang Anda gunakan, Anda bisa melihat pada webhosting yang Anda beli atau menanyakannya pada supprot web hosting tersebut.

Apabila Anda sudah mengetahui name server dari web hosting yang akan digunakan untuk membuat blog wordpress Anda, maka kini saatnya Anda mengatur agar domain Anda mengarah ke web hosting tersebut. Berikut akan saya berikan tutorial mengarahkan name server domain ke web hosting. Contoh yang saya gunakan adalah domain yang saya beli di lime domains. Untuk domain registar yang lain, saya rasa langkah-langkahnya tidak jauh berbeda. Mungkin dari segi penamaan yang berbeda sedikit.

OK. Langsung saja saya berika tutorial membuat blog wordpress dengan domain sendiri dari segi cara mengarahkan domain ke server web hosting:

  1. Pertama, login dahulu ke control panel domain yang telah Anda beli di domain registar.
  2. Setelah masuk ke halaman control panel, klik Name Server atau Name Server Information.
  3. Menu Name Server

  4. Pada halaman setting name server, pilih domain yang akan diset name servernya. Kemudian masukkan name server web hosting yang akan Anda gunakan. Seperti yang telah saya sebutkan diatas tadi jika saya menggunakan hoting Blue Host, maka saya masukkan Name server : ns1.bluehost.com dan ns2.bluehost.com. Klik save untuk menyimpan setting
  5. Set name server pada control panel domain

Kini semuanya telah selesai. Anda telah mengarahkan domain Anda ke server web hosting yang akan digunakan. Selanjutnya Anda mesti menungu 1 sampai 2 hari untuk dapat melakukan setup wordpress di hosting Anda. Oleh karena itu, pada artikel selanjutnya saya akan membahas cara menginstall wordpress pada sebuah web hosting. Jadi segeralah berlangganan artikel blog ini baik melalui RSS feed maupun email. Jika butuh panduan silahkan baca artikel cara berlangganan artikel.

Sekian tutorial cara mensetup atau mengarahkan domain ke server hosting. Semoga bermanfaat dan sukses buat blog Anda!

Hosting Blog WordPress MurahButuh web-hosting tangguh untuk website Anda?
Saya rekomendasikan hosting berikut:
Hostgator
Dengan system pembayaran bulanan atau tahunan mulai dari $3.96/bulan Anda bisa mendapatkan paket hosting dengan fitur:
Unlimited Disk Space
Unlimited Bandwidth
Unlimited Subdomains
Unlimited Email Accounts
Unlimited FTP Accounts

Anda bisa menggunakan coupon: GUSADIT25OFF untuk mendapatkan diskon sebesar 25%. Langsung saja kunjungi Hostgator

11 komentar ke “Mengarahkan Domain ke Server Hosting

  1. Ada satu pertanyaan tentang cara mengarahkan domain kita ke blog wordpress…?

    adakah tips dan trik nya cara mengarahkan domain kita ke hosting gratis,semisal blogspot sudah ada tutorialnya,namun jika domainkita mengarah pada blog wordpress.com ada gak ya…?
    jika ada kemungkinan ini adalah solusi terbaru buat kita bos,saya rasa belum ada posting dan tutorialnya,cara mengarahkan domain.com ke blog wordpress.com.

    sekian terimakasih,salam blogger

  2. Tips2 yg agan sampaikan sangat bermanfaat baginsaya yg baru belajar nge blog. Hampir smua artikel yg agan tulis, saya baca smua…mksih y gan…smg pahala n rejeki agan melimpah ruah n turah2

Berikan Komentar

Gunakan nama real Anda (bukan nama blog atau kata kunci blog) pada kolom nama dibawah atau komentar Anda akan dianggap spam.