Membuat Halaman Khusus untuk Artikel Populer

Pada tutorial wordpress terkahir yang saya posting, saya mengajak Anda untuk membuat widget artikel populer atau popular posts pada blog WordPress. Widget artikel populer tersebut diletakkan pada sidebar blog Anda. Kini saya akan membagi cara membuat artikel populer pada sebuah halaman atau cara membuat halaman khusus yang berisi artikel populer. Contoh dari halaman tersebut bisa Anda lihat di Artikel Komputer Terpopuler blog komputer saya.

Pada halaman tersebut terdapat 100 artikel terpopuler yang diurut berdasarkan jumlah page views dalam kurun waktu sejak plugins WordPress Popular Posts di-install atau sepanjang waktu. Setiap artikel menujukkan jumlah pageviews-nya masing-masing. Halaman ini cukup berguna bagi user yang ingin melihat artikel populer dari sebuah blog dalam jumlah yang banyak. Misalkan pada blog komputer tersebut, jumlah artikelnya sudah mencapai 200 lebih, maka saya bisa menampilkan jumlah artikel populer sebanyak 100 buah. Jika saya menempatkannya di sidebar, maka akan memakan banyak tempat bukan?

Nah! Untuk membuat halaman khusus yang berisi artikel terpopuler blog Anda, cara cukup mudah yaitu dengan menggunakan plugin yang sama dengan plugin yang Anda gunakan pada tutorial sebelumnya yaitu Cara Membuat Widget Artikel Populer di Blog WordPress. Berikut langkah-langkahnya:
Pertama saya anggap Anda sudah menginstall plugin WordPress Popular Posts. Jika belum silahkan baca artikel sebelumnya. Kemudian buatlah sebuah halaman statis atau page dengan mengklik Pages » Add New. Anda juga menempatkan artikel populer tersebut pada sebuah post dengan mengklik Posts » Add New. Pada halaman Add New Page/Post berikan judul yang sesuai dengan keinginan Anda, misalkan “Artikel Paling Ngetop di Blog ini” atau yang lainnya. Lalu ketik kode [wpp] pada post editor. Ingat, sebelumnya beralihlah ke mode HTML terlebih dahulu. Setelah itu, klik tombol Publish untuk mempublikasikannya.

Kode [wpp] berfungsi untuk menampilkan artikel populer pada halaman statis atau halaman post tadi. Namun, Anda masih bisa melakukan kostumisasi artikel populer yang akan ditampilkan nantinya dengan menambahkan Attribute sehingga kodenya menjadi [wpp attribute=value]. Misalkan jika Anda ingin menampilkan 100 Artikel Populer berdasarkan page views dan menampilkan jumlah page views dibelakangnya. Maka kodenya akan menjadi:
[wpp order_by=”views” stats_views=1 stats_comments=0 range=”all” limit=100]

Edit post untuk artikel populer
Kode diatas terdiri dari beberapa atrribute yaitu order_by, stats_views, stats_comments, range, dan limit beserta value-nya masing-masing. Dimana masing-masing attribute tersebut berarti:

  • order_by digunakan untuk menentukan pengurutan baik berdasarkan jumlah page views atau komentar. Value yang bisa Anda berikan adalah “comments” untuk mengurutkan berdasarkan jumlah komentar, “views” berdasarkan jumlah page views atau “avg” berdasarkan jumlah rata-rata page view perhari.
  • stats_views berfungsi untuk menampilkan jumlah page views di belakang masing-masing artikel populer. Value yang bisa Anda berikan adalah 1 atau 0. 1 untuk menampilkan dan 0 untuk tidak menampilkan.
  • stats_comments berfungsi untuk menampilkan jumlah komentar di belakang masing-masing artikel populer. Value yang bisa Anda berikan adalah 1 atau 0. 1 untuk menampilkan dan 0 untuk tidak menampilkan.
  • range berfungsi untuk menentukan jangka waktu yang digunakan. Value yang bisa Anda berikan adalah “daily”, “weekly”, “monthly”, “all”. “Daily” berarti menampilkan artikel populer pada satu hari tersebut saja. “weekly” mingguan, “monthly” bulanan dan “all” sepanjang waktu.
  • limit berfungsi untuk membatasi jumlah artikel populer yang ditampilkan. Value yang bisa diberikan adalah angka. Misalnya 10, 50, atau 100. Secara default, jika Anda tidak menyertakan attribute “limit” ini maka artikel yang tampil cuma 10 saja.

Selain attribute-attribute yang saya sebutkan di atas tadi, masih banyak lagi attribute yang lain. Daftar lengkap attribute beserta valuenya bisa Anda lihat melalui Setting & raquo; WordPress Popular Posts. Pada halaman setting klik tulisan What attributes does WordPress Popular Posts shortcode [wpp] have?.

Daftar wpp attribute
Sekian tutorial singkat membuat halaman khusus yang berisi artikel populer pada blog WordPress. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jika Anda mau menambahkan, silahkan ajukan melalui kotak komentar.

Hosting Blog WordPress MurahButuh web-hosting tangguh untuk website Anda?
Saya rekomendasikan hosting berikut:
Hostgator
Dengan system pembayaran bulanan atau tahunan mulai dari $3.96/bulan Anda bisa mendapatkan paket hosting dengan fitur:
Unlimited Disk Space
Unlimited Bandwidth
Unlimited Subdomains
Unlimited Email Accounts
Unlimited FTP Accounts

Anda bisa menggunakan coupon: GUSADIT25OFF untuk mendapatkan diskon sebesar 25%. Langsung saja kunjungi Hostgator

14 komentar ke “Membuat Halaman Khusus untuk Artikel Populer

  1. Bli Gus, pertalian artikelnya mantap. Yang ini nyambung dengan yang sebelumnya :) Kebetulan saya juga pake WPP, jadi pas sekali sekarang ini ada referensi buat artikel terlaris dipisah ke halaman khusus.

    Nanti kalau sidebar saya sudah banyak iklan [ha ha ha] saya pasti akan pindahkan WPP ke page. Kemarin blogroll sudah saya pindahkan ke page khusus juga.

    O ya, boleh saya tambahkan blog ini ke blogroll saya?

    • @TuSuda: Sama2 Bli Tu. Semoga bermanfaat.
      @Budiastawa: Boleh Bli Tu. Nanti saya buat halaman khusus juga buat link teman-teman. Suksma ya!

  2. mampir perdana, wah, ada tutorial menarik nih disini, coba di sharekan mas untuk lebih banyak bloger, ntar pasti kebanjiran komentar deh… hehe…

Berikan Komentar

Mohon gunakan nama Anda. Jangan gunakan nama blog atau kunci blog atau komentar Anda akan dianggap spam.