Duel Blog Niche #5: Teknik SEO On Page yang Saya Gunakan

Di artikel DBN seri ke-4 kemarin saya telah menginformasikan domain blog niche saya yaitu Phen375CustomerReports.com. Saya juga telah melakukan beberapa link building ke blog niche tersebut sebagai salah satu strategi SEO Off Page. Namun, sebelum melakukan teknik SEO Off Page kadang kala kita sering lupa untuk melakukan optimasi halaman blog kita terlebih dahulu atau yang juga dikenal dengan SEO On Page.

Seperti yang saya baca di beberapa Ebook SEO atau di beberapa forum SEO, sebagian besar menyarakan untuk mengoptimalkan SEO On Page terlebih dahulu sebelum melakukan SEO Off Page (salah satunya link building). Salah satu sumber yang menjadi acuan saya adalah sebuah thread di forum Ads-Id.

SEO On Page

Image courtesy of KROMKRATHOG at FreeDigitalPhotos.net

Di threadnya yang berjudul Betapa Pentingnya SEO Onpage! Analisa + Study Case Disertakan Kok, dijelaskan betapa besar efek SEO On Page dalam memenangkan sebuah keyword yang kita bidik di halaman hasil pencarian. Hal ini didasarkan atas studi kasus dan pengalaman dari Agan Khalid, si empunya thread tersebut.

Dari studi kasus tersebut, SEO on Page adalah hal yang wajib dilakukan sebelum melakukan link building. Saya sendiri selalu mengutamakan SEO On Page terlebih dahulu sebelum melakukan link building dan social signal ke blog-blog yang saya bangun. Begitu pula ke blog niche yang saya ikutkan ke DBN ini.

Maka dari itu, di seri DBN yang ke-5 ini saya menyampaikan strategi SEO on page yang saya lakukan ke blog niche saya.

Bagaimana Agar SEO On Page Optimal?

Agar SEO On Page blog kita optimal, ada beberapa poin yang harus dilakukan, yaitu setting permalink blog, penggunan heading yang tepat, konten atau artikel, struktur navigasi blog, dan kecepatan load blog.

Setting Permalink

Setelah saya menginstall blog wordpress saya, hal pertama yang saya lakukan adalah mengubah struktur permalink blog tersebut. Secara default, permalink dari blog wordpress adalah seperti ini: http://www.domainanda.com/?p=123. Struktur seperti kurang SEO friendly karena judul artikel yang berisi target kata kunci kita tidak ada di url artikel.

Salah satu syarat agar SEO on Page optimal adalah judul artikel harus mengandung kata kunci yang dibidik dan URL artikel tersebut harus mengandung kata kunci.

Oleh karena itu, sangat wajib jika sebuah blog memakai struktur permalink yang mengandung judul artikel. Contohnya, jika target kata kunci saya adalah Phen375 reviews maka judul artikel saya adalah Phen375 reviews. Maka URL artikel yang bagus adalah http://www.namadomain.com/phen375-reviews/ atau http://www.namadomain.com/phen375-reviews.html.

Untuk struktur permalink blog niche saya, saya memakai struktur /%postname%/ hingga url artikel menjadi http://namadomain.com/judul-artikel/. Bagi Anda yang belum tahu cara mengubah permalink wordpress, silahkan simak artikel saya setting permalink di blog WordPress.

Penggunaan Heading

Dalam optimasi SEO On Page penggunakan heading H1, H2, H3, H4, dst. merupakan hal yang patut dicermati. Saya sendiri sering hanya menggunakan heading H1, H2, H3, dan H4 di blog saya. Penggunaan heading tersebut juga berbeda di setiap halaman terutama untuk H1 dan H2. Berikut pengaturan heading di blog saya di masing-masing halaman.

Untuk home page, static page, tag, dan category page, saya menggunakan title blog sebagai H1. Judul artikel menggunakan H2. Sedangkan widget title menggunakan H3.

Untuk single post, saya menggunakan judul artikel sebagai H1, judul blog menggunakan H2, dan widget title masih menggunakan H3.

Agar lebih jelas silahkan kunjungi blog niche saya. Silahkan lihat halaman home, category, static page, tag dan single post.

Optimasi Konten/Artikel

Dari segi konten atau artikel ada beberapa poin yang harus diikuti agar SEO On Page optimal. Hal ini juga dibahas oleh Agan Khalid di forum Ads-Id.com yaitu di thread 16 Checklist agar Skor SEO On Page 100%.

Agar lebih memudahkan dalam memeriksa point-point tersebut, Anda bisa menggunakan beberapa plugin wodpress salah satunya adalah plugin Easy WP SEO. Hampir semua point-point tersebut diperiksa oleh plugin ini. Sayangnya plugin ini tidaklah gratis. Anda mesti membayar $37 US untuk menikmati fitur-fiturnya

Jika Anda ingin plugin yang gratis, Anda bisa menggunakan plugin plugin WordPress SEO dari Yoast. Selain berfungsi sama dengan plugin All In One SEO Pack, yaitu untuk menambahkan meta Description, tag, title tag ke blog, plugin ini menampilkan skor dari SEO on Page artikel blog.

Saya sendiri menggunakan plugin WordPress SEO dan lebih sering menggunakan patokan-patokan yang dianalisa oleh plugin ini dan menerapkannya disebagian besar blog saya.

Berapa skor SEO on Page yang harus dicapai? Bagusnya adalah 100 menurut Easy WP SOE atau Excelent menurut plugin WordPress SEO. Namun, saya tidak terlalu memaksakan agar mencapai skor tersebut. Saya sudah cukup puas apabila skor mencapai angka diatas 90 menurut Easy WP SEO saja atau Good menurut WordPress SEO.

Berikut beberapa point yang saya jadikan patokan SEO on Page sebuah artikel optimal atau mencapai skor Good berdasarkan plugin WordPress SEO:

  1. Judul harus mengandung keyword yang dibidik. Jadi usahakan judul artikel Anda harus mengandung keyword yang diincar. Contohnya, saya mengincar Phen375 reviews, jadi judul artikel saya harus mengandung kata kunci tersebut, misalnya Phen375 reviews, what the real users said about it?
  2. URL harus mengandung keyword yang dibidik. Seperti yang saya sebutkan diatas tadi, URL artikel saya harus mengandung keyword yang dibidik. Jika saya membidik kata kunci phen375 reviews, maka URL saya set menjadi phen375-reviews- what-the-real-users-said-about-it.
  3. Jumlah kata dari artikel minimal 300. Namun saya lebih suka jika jumlah katanya 500. Di era google panda banyak ahli SEO yang menyarankan jumlah kata dari sebuah artikel adalah 500.
  4. Keyword density dari artikel berkisar 1% s/d 3%. Artinya persentase kemunculan keyword yang kita bidik di artikel adalah antara 1 – 3 %. Seperti contoh tadi, saya mengincar kata kunci Phen375 customer reviews. Jadi dalam artikel 500 kata yang saya pakai, kata kunci ini harus muncul minimal sebanyak 1% yaitu sebanyak 5 kali. Dan maksimal 3% atau sebanyak 15 kali.
  5. Kata kunci harus muncul di paragrap pertama dan paragrap terakhir. Saya sering menerapkan kata kunci agar muncul minimal di 50 kata pertama dan 50 kata terakhir.
  6. Artikel berisi minimal 1 sub-heading baik H2 atau H3 yang berisi kata kunci. Saya lebih sering menggunakan H3 yang berisi kata kunci pada single post atau pada halaman postingan/artikel.
  7. Artikel berisi gambar/image dengan nama serta alt tag menggunakan kata kunci. Jadi jika saya mengincar kata kunci phen375 customer reviews, saya akan memasukan gambar ke artikel dengan nama phen375-customer-reviews.jpg dan menggunakan alt tags phen375 customer reviews pada gambar tersebut.
  8. Jika Anda menggunakan plugin SEO seperti All in One SEO Pack atau WordPress SEO, aturlah tampilan hasil search snipets yang telah disediakan plugin. Biasanya berada di bawah post editor. Yang perlu Anda atur adalah:
    • Judul atau SEO Title atau Title. Masukkan juga judul artikel Anda ke input SEO Title atau Title tersebut. Usahakan membuat judul yang menarik agar membuat pencari tertarik untuk mengklik link blog Anda di halaman hasil pencarian Google atau mesin pencari lainnya.
    • Meta description/description. Buat description atau deskripsi yang menarik. Jangan lupa memasukkan kata kunci yang dibidik pada deskripsi tersebut dan usahakan berada di awal deskripsi. Meta description tidak melebihi 156 karakter. Jika lebih dari jumlah tersebut, maka selebihnya tidak akan kelihatan dihalaman hasil pencari.
    • Meta keywords/keywords. Masukkan keyword dari artikel ke input meta keyword yang disediakan plugin. Saya sering memasukan kata kunci yang saya bidik ke keyword beserta beberapa keyword yang berhubungan dengan kata kunci utama tadi. Misalnya saya membidik keyword Phen375 reviews, maka meta keyword yang saya gunakan adalah phen375 reviews, phen375 testimonials, phen375 user reviews. Maksimal sampai 4 keywords.
  9. Link keluar atau outbound link ke situs terpercaya yang masih berhubungan dengan topik. Banyak pakar SEO termasuk di Agan Khalid mengatakan link menuju situs terpercaya seperti Wikipedia, justru menabah kepercayaan Google ke blog kita. Namun, hal ini bersifat opsional bagi saya. Jika memungkinkan untuk me-link situs lain saya akan melakukannya. Jika tidak, saya tidak paksakan.

Kecepatan Load Blog

Kecepatan loading blog berperanan penting agar blog lebih SEO freindly. Blog yang loading-nya lambat cenderung tidak disukai Google. Oleh karena itu, saya melakukan beberapa perbaikan pada theme yang saya pakai dan tidak menggunakan plugin-plugin yang membuat loading blog lambat, kecuali plugin tersebut sangat penting.

Dalam mengukur kecepatan loading blog, ada sebuah tool yang sering saya pakai, yaitu Website Test Speed dari Pingdom. Kecepatan loading yang saya sukai adalah tidak lebih dari 10 detik.

Berikut hasil speed test yang telah saya lakukan dengan tool ini.
Hasil Speed Test

Apabila kecepatan yang saya ingin belum tercapai, maka saya melakukan beberapa perubahan yang dianjurkan oleh tool tersebut. Misalnya meng-compres file CSS, JavaScvript, memperkecil ukuran file gambar atau melakukan sedikit perubahan ke template yang saya gunakan.

Rencana Selanjutnya dan Bagaimana Perkembangan Blog Niche Saya?

Semua strategi SEOn On Page diatas sudah saya terapkan ke blog niche saya dan menurut saya sudah cukup agar blog lebih SEO friendly dan dilirik oleh Google. Selanjutnya, saya mulai melakukan strategi SEO Off Page salah satunya melakukan link building ke blog tersebut.

Strategi link building blog niche saya, akan saya bahas pada seri DBN selanjutnya. Dan sebagai informasi, posisi blog tersebut dimesin pencari untuk keyword yang saya bidik yaitu Phen375 Customer Reviews sampai artikel ini saya buat adalah sebagai berikut:

  1. Google: #14
  2. Bing: #13
  3. Yahoo: #28

Grafik perubahan ranking untuk keyword tersebut di Google bisa Anda lihat di tautan ini. Sebuah jendela pop-up akan muncul. Namun, Anda juga bisa membukanya di tab baru dengan mengklik kanan dan pilih Open Link in a New Tab. Letakkan cursor Anda diatas garis biru untuk melihat detail tanggal dan rankingnya. Graffik perubahan ranking ini akan saya update setiap hari ataupun 2-3 hari sekali.

Selain itu ada beberapa kata kunci lain terutama pada artikel yang sudah mulai masuk ke top 100 hasil pencarian Google, seperti Phen375 ingredients dan phen375 coupon code.

Sebagai penutup, strategi SEO on Page ini saya buat berdasarkan beberapa sumber dan juga melalui pengalaman pribadi. Namun belum tentu strategi ini 100% manjur atau menjamin blog Anda akan masuk top 10 Google SERP.

Mungkin saja Anda mempunyai strategi berbeda dan telah terbukti mengantarkan blog Anda ke halaman 1 Google. Untuk itu, saya mengundang Anda untuk memberi masukan mengenai strategi SEO On Page melalui form komentar blog ini.

38 komentar ke “Duel Blog Niche #5: Teknik SEO On Page yang Saya Gunakan

  1. optimasi terus hingga tembus halaman 1 bli. Phen375 konversinya tinggi sekali, mudah skali dapat sale jika udah masuk halaman 1. Good luck ya..

    • Terima kasih semangatnya Mas Yudi. Memang konversinya bagus. Namun, tergantung konten blog itu sendiri. Semoga saja bisa tembus page 1. Saya sekalian mau belajar affiliate marketing lewat DBN ini. Sebelumnya hanya maen Google Adsense. Pernah sih maen di Amazon dan ShareASale tapi kurang fokus.

    • Pertama, saya bukan ahli SEO. Namun, hal ini sering sekali dianjurkan oleh ahli seo atau yang sudah berpengalaman di bidang tersebut melalui artikel blog, ebook, atau forum SEO. Saya sering menerapkan tips ini dan memang cukup membantu dari segi SEO.

      Saya andaikan saja diri saya sebagai mesin pencari. Saya dengan sekita tahu topik apa yang dibicarakan dalam sebuah artikel apabila kata kunci topik tersebut muncul di paragraf pertama. Daripada saya membaca artikel dimana kata kunci topik muncul di paragrap kedua. Tentu membuthkan waktu untuk mengetahui topik yang bicarakan.

      Search engine saat ini ingin menampilkan hasil pencarian yang paling relevean dengan kata kunci yang dicari user. Dengan menempatkan keyword di awal artikel, hal ini akan memberikan sinyal ke mesin pencari bahwa topik yang kita bicarakan di artikel tersebut adalah kata kunci tersebut.

      Sedangkan keyword diakhir artikel, menurut saya hanya sebagai penguat dan agar kata kunci tersebar dengan baik. Seperti sebuah kesimpulan. Idelanya bagian ini berisi, kata kunci yang kita bicarakan.

      Mungkin itu saja pendapat saya.

  2. Ada yang bilang bahwa penggunaan H1,H2,H3,H4 akan membuat kesan kurang baik bagi pembaca, dan bagaimana dengan Panduan Webmaster Google, apakah cara ini diperbolehkan? Apalagi website yang kita kelola untuk akun GA, apakah bolehnya?

    Dalam perjalanan duel blog niche ini, Selain mendapatkan ilmu dan saling belajar mengenai bagaimana mengelola suatu blog niche. Saya menyimpulkan bahwa duel blog ini bisa menjadi Acuan atau STANDARISASI dalam mengelola suatu blog niche. Dari standarisasi SEO, Standarisasi Template, Standarisai Pencarian Keyword, Standarisasi Artikel Marketing dll…

    • Saya rasa tidak mengganggu mas tergantung pengaturan font-nya dan penggunaannya tidak dipaksakan. Saya sendiri lebih suka membaca artikel yang dipilah-pilah dengan subheading terutama artikel yang panjang. Lihat saja wikipedia. Hampir semua halamannya memakai subheading.

      Saya rasa tidak ada masalah dengan panduan Google Webmaster Tools. Tidak ada point yang menyebutkan tentang penggunaan heading.

      Semua blog yang saya pasang Google adsense memakai subheading dan selama ini tidak masalah.

      Kalau DBN ini dijadikan standarisasi, saya rasa kurang tepat. Mungkin hanya bisa dijadikan panduan atau studi kasus saja.

  3. Pemaparan yang komprehensif, Gus Adit! Perihal optimasi artikel, poin saya adalah apa yang Gus Adit paparkan di atas adalah berlaku untuk artikel kata kunci utama dalam bentuk static page (page yang dijadikan homepage) atau sticky post (post yang dibuat tetap di homepage).

    Kalau homepage-nya disetting menampilkan postingan terbaru tanpa sticky post, itu tidak berlaku. Kata kunci utama cukup diletakkan di URL blog title dan description blog via plugin All in One SEO Pack (atau sejenisnya). Contohnya adalah blog niche saya dalam DBN ini.

    BTW, selamat atas perkembangan blog niche-nya Gus. Saya check hari ini menggunakan browser Chrome posisinya turun ke 34. Dengan browser yang sama, saya cek blog saya sudah nongol di halaman dua untuk kata kunci tankless water heater reviews. Tapi saya cek dengan Long Tail Pro masih di posisi 500+. Aneh…atau mungkin pengaruh cache?

    Gus Adit bisa juga mengecek posisi blog niche saya dan menginformasikannya di sini?

    • Terima kasih masukkannya. Memang benar seperti pendapat Kang Yudiono. Paparan diatas untuk blog yang menggunakan static page ataupun sticky post sebagai home page. Namun, hal ini juga berlaku jika ingin mengoptimasi artikel lainnya di single post.

      Mengenai ranking, saya menggunakan 2 rank tracker Kang. LTP dan Rank Checker Ace (RCA). Keduanya saya cek untuk hasil Google USA. Hasilnya tidak terpaut jauh. Blog saya di posisi 25 menurut LPT dan 23 menurut RCA. Blog Kang Yudiono, 15 menurut LTP dan 14 menurut RCA.

      Mungkin karena lokasi Kang Yudiono di Indonesia, jadi jika cek pakai Google Chrome hasilnya berbeda. Mungkin jika pakai proxy dan clear cache hasilnya bisa berbeda.

      • Gus Adit,

        Yup, taktik optimasi di atas berlaku juga untuk kata-kata kunci pendukung (second keyword and so on) yang dibuat dalam bentuk post atau page.

        Terima kasih sudah mengonfirmasi posisi blog saya. Terus terang saya surprised akan posisi tsb. Mudah-mudahan melaju terus atau setidaknya bertahan (tidak hanya mampir sebentar di page 2).

        BTW, fitur Rank Checker LTP saya bermasalah. Selain lambat sekali digunakan (padahal saya menggunakan kecepatan internet 1 Mbs), hasilnya pun berbeda bila saya menggunakan add on mozilla Rank Checker.

        Hasil pengecekan add on ini sama seperti yang Gus Adit informasikan di atas.

        • Coba pakai rankcheckerace[dot]com Kang. Hari ini blog Kang Yudiono turun ke posisi 15. Moga saja lagi kena Google dance dan besok kembali ke posisi semula.

  4. Kecepatan loading yang saya sukai adalah tidak lebih dari 10 detik.

    Yang saya tahu dan dengar malah pengguna itu akan meninggalkan sebuah halaman yang loading-nya lebih dari 3 detik (paling tidak untuk para pengguna internet di USA)

  5. Mas Gus adit, bagaimananya cara cek serp di google dan melihat baclink secara gratis?

    Dan satu lagi dimana saya harus memesan artikel bahasa inggris yang terbaik di indonesia?

    • Coba pakai rank checker ace untuk cek serp. Cek backlink, pakai open site explorer, backlink watch atau Google webmaster tools.
      Klo jasa penulis yang terbaik saya ga tahu. Saya lebih sering pesan di hire writers atau iwriter.

  6. selama ini saya kurang memperhatikan soal kecepatan blog
    ternyata bener2 berpengaruh ya terhadap seo blog kita ??
    terima kasih atas sharing ilmunya

      • Sangat tidaklah baik, ngomongin orang dibelakang. harusnya mention ke ane donk, kalo ane lagi digosipin. Wkwkwkw

        Satu lagi bli….. ini rahasia yaaa…., tentang SEO. abis nemuin sesuatu yg suangat amatlah puentingggggg.

        Mau tauuu????

        Karena rahasiaaaa, kontak ane aja bli. Ntar ane kasih tau apa rahasia penting tsb :)

  7. salam kenal bro, enjoy bget baca artikel nya gus, saya seneng bget soalnya apa yang gus lakukan di onpage sama yg saya lakukan di blog saya, moga2 jago nya juga bisa ikut2 kayak gus… hehehe amin… di tambah lagi theme nya sama gus sama blog saya yang paling baru… hahaha…

  8. Saya sendiri juga sering ngelink ke situs terpercaya seperti wikipedia sebagai situs referensi blog tpi biasanya saya kasih nofollow link. semoga dengan cara ini benar2 membantu dalam SEO

  9. sebelumnya thanks atas infonya .

    wah , para master kumpul semua disini , awalnya saya cuma optimasi onpage saja, tapi lumayan lah hasilnya sob. Tapi tetap aja meski beberapa artikel sudah page 1 , visitor masih sepi .

    Saat ini , saya lebih menekankan promosi blog karena hasilnya yang bagus .

  10. Saya biasanya pakai JetPack juga, bagus untuk mengoptimasi pengunjung yang menggunakan mobile. Untuk share ke berbagai social media juga sudah tersedia. Terima kasih sudah berbagi. :)

  11. terima kasih untuk artikelnya mas.. dan juga untuk sarannya dalam memacu perkembangan blog dengan tehnik SEO yang ada di artikel ini… Bermanfaat bagi blogger pemula seperti saya..
    sukses selalu mas…

  12. Mohon pencerahan nya gan, apakah untuk saat ini melancarakan serangan dengan teknik seo off page dengan memakai jasa-jasa seo maupun jasa backlink akan membahayakan untuk kelangsungan hidup blog? Saya lagi galau ini blog sepi trapik.

Berikan Komentar

Gunakan nama real Anda (bukan nama blog atau kata kunci blog) pada kolom nama dibawah atau komentar Anda akan dianggap spam.