Duel Blog Niche #3: Produk dan Keyword yang Saya Bidik

Pada seri Duel Blog Niche sebelumnya, saya menentukan target, cara monetasi dan memilih niche pada artikel sebelumnya. Cara monetasi yang saya pilih adalah program affiliasi dari MoreNiche. Mengingat produk-produk yang adalah produk kesehatan dan kecantikan maka niche-nya saya pilih adalah antara health atau beauty.

Saat artikel ini saya buat ada sekitar 30 produk yang tersedia. 17 diantaranya adalah produk weight loss. Terus terang saya tertarik untuk bermain di niche weight loss. Kenapa? Karena niche ini termasuk evergreen niche atau niche yang selalu dicari orang sepanjang tahun.

Riset Keyword Blog Niche

Image courtesy of Salvatore Vuono at FreeDigitalPhotos.net

Produk Apa yang Saya Pilih untuk Blog Niche?

Diatara sekian product weight loss yang tersedia, hanya 4 produk yang saya pilih yaitu yang berada pada ranking 4 besar. Ranking tersebut diberikan oleh MoreNiche berdasarkan Avarage commissions (rata-rata komisi), total sales (total penjualan), conversion rate, dan lain-lain. Produk-produk yang masuk top 4 besar adalah Phen375, Evolution Slimming, Proactol, dan UniqueHoodia. Berikut screenshootnya.

Produk More Niche

Klik gambar untuk memperbesar

Pada gambar bisa Anda lihat ada 3 produk yang berada pada urutan teratas yaitu KouTea, Adiphene, dan Skinny Sprinkles, kenapa saya menyebutkan 4 produk yang dibawahnya yang menjadi top 4? Tiga produk tersebut adalah produk yang baru masuk ke MoreNiche. Jadi produk-produk tersebut belum mempunyai ranking. Hanya urutannya saja yang ditaruh diatas. Mungkin agar bisa dilihat oleh semua affiliate.

Setelah melakukan sedikit riset dan memeriksa detail rank dari ke-4 produk tadi, akhirnya saya memutuskan untuk memilih Phen375 sebagai produk yang akan saya promosikan. Alasannya adalah sebagai berikut:

  1. Produk ini memiliki rata-rata komisi yang cukup besar yaitu $44.91.
  2. Untuk urusan total sales, produk ini berada di ranking #1. Artinya produk ini sangat popular atau banyak dicari. Ini juga bisa dilihat dari jumlah pencarian perbulan untuk kata kunci Phen375 yang saya lihat melalui Google Keyword Tool untuk exact match keyword.
  3. Rata-rata konversi atau average conversion rate produk ini sebesar 2.56% (1/39). Artinya jika saya mampu membawa 100 pengunjung ke website resmi produk melalui link affiliasi saya, 2.56%-nya akan membeli, yaitu sekitar 2 orang. Dalam sebulan saya mampu menjual 2 produk. Dan dengan komisi $44.91 yang saya sebutkan diatas tadi, berarti total komisi saya adalah $89.82.

    Namun jika saya lihat top 10 affiliate produk ini, conversion rate mereka adalah 20% (1/5). Artinya untuk affiliate yang berada di top 10 dalam jumlah penjualan, dari 100 pengujung yang di kirim ke website Phen375, 20 diantaranya membeli produk ini. Bayangkan jika saya mampu menjadi top affiliate. 😀

  4. Untuk urusan demographic pembeli atau negara asal pembeli, 53% pembeli Phen375 adalah orang Amerika. Sisanya adalah 11% dari Australia, 8% dari UK dan 6% dari Canada. Oleh karena blog niche saya target visitornya adalah orang Amerika, maka produk ini cocok untuk dipromosikan.

Untuk mengetahui lebih jelas rangking masing-masing produk di MoreNice, Anda bisa melihatnya langsung di MoreNiche dengan mendaftar terlebih dahulu menjadi affiliate disini.

Keyword yang Saya Bidik

Produk yang akan saya promosikan sudah terpilih, sekarang saatnya memilih keyword atau kata kunci yang akan di bidik. Oleh karena saya mempromosikan produk Phen375, jadi saya memilih kata kunci yang mengandung nama produk ini. Namun, saya tidak akan membidik keyword Phen375. Alasanya, saya tidak ingin bersaing dengan website resmi produk tersebut yang tentu saja akan cukup sulit untuk mengalahkannya untuk meraih posisi pertama di mesin pencari.

Untuk itu, saya memilih related keyword yang berhubungan dengan produk tersebut dan tentunya sesuai dengan syarat DBN ini yaitu keyword utama yang saya pilih minimal memiliki 1.000 pencarian exact bulanan, baik global maupun lokal menurut Google Adwords Keyword Tool atau yang juga dikenal dengan Google Keyword Tool (GKT). Namun, walaupun syaratnya menyebutkan minimal jumlah pencarian bisa menggunakan pencarian global per bulan, saya lebih memilih minimal pencarian untuk lokal/bulan U.S. sebanyak 1.000.

Untuk mencari related keywor, saya menggunakan Google yang mana hasil pencariannya menyertakan related keyword pada bagian bawah. Caranya, tinggal search keyword utama di Google.com yaitu Phen375. Skrol ke bagian bawah, maka disana akan kelihatan beberapa keyword yang diberi judul Searches related to phen375. Slihakan lihat gambar berikut agar lebih jelas.

Related Keywords di Google

Kemudian masing-masing related keyword itu, saya cek menggunakan GKT dan ada beberapa keyword yang sesuai dengan syarat jumlah pencarian sesuai DBN ini. Bisa Anda lihat di gambar berikut:

Hasil GKT

Klik gambar untuk memperbesar

Dari 6 hasil tadi saya memilih 3 kata kunci yang mengandung kata review yaitu Phen375 Reviews, Phen375 Review, dan Phen375 Customer Reviews. Alasannya, karena orang yang akan membeli produk sering kali mencari review produk tersebut terlebih dahulu.

Analisa Tingkat Kesulitan Kata Kunci

Tool yang saya gunakan untuk melakukan analisa kompetitor di mesin pencari adalah Traffic Travis dan Long Tail Pro. Kenapa menggunakan 2 tool? Sebagai perbandingan saja. Dari kedua tool tersebut saya lebih memilih Long Tail Pro karena LTP lebih cepat dan lebih akurat dalam memberikan data. Lebih detail perbandingan kedua tool tersebut saya bahas pada sebuah artikel.

Setelah melakukan analisa kekuatan kompetitor ketiga kata kunci yang saya sebutkan tadi, akhirnya saya saya memilih kata phen375 customer reviews sebagai kata kunci yang saya bidik. Hal ini disebabkan oleh karena kata kunci ini tingkat persaingannya paling rendah dibandingkan 2 kata kunci yang lain. Berikut screen shoot dari hasil analisa Long Tail Pro untuk keyword phen375 customer reviews tersebut:

Hasil Analisa Keyword Phen375 Customer Reviews

Klik gambar untuk memperbesar

Sebagai acuan untuk mengetahui tingkat kesulitan kata kunci, saya menganalisa top 10 situs untuk kata kunci yang saya incar berdasarkan beberapa patokan yaitu Page Title, Average Page Rank, Page Autority, dan Backlinks. Berikut hasil analisanya:

  1. Page Title atau Judul Halaman
    Hal ini tentu sudah Anda ketahui, title atau Judul halaman mempunyai pengaruh besar ke peringkat di halaman mesin pencari. Dari hasl analisa ada 4 situs yang tidak menyertakan customer reviews pada titlenya hanya ada kata Phen375 saja, 3 situs hanya mempunyai phen35 reviews pada titlenya tanpa ada kata customer, dan hanya 2 yang mempunyai kata kunci phen375 customer reviews pada titlenya.
  2. Average atau Rata-rata Page Rank (PR)
    Untuk kriteria ini, saya mengunakan patokan dari Agan Khalid lewat artikel 3 Patokan Riset Keyword Berdasarkan Kekuatan SEO Kompetitor. Dalam riset keyword Top 10 situs average page rank-nya di bawah 3. Hasil analisa menampilkan 10 situs di halaman 1 Google mempunyai average page rank 1,2.

    Ada 5 situs yang justru mempunyai PR 0. Malah salah satunya ada di TOP 3. Hal in imungkin disebabkan oleh karena situs tersebut menggunakan Exact Matc Domain atau domain yang sesuai dengan kata kunci.

  3. Page Authority (PA)
    Dari suah ebook yang saya beli beberapa hari lalu, page autority atau otoritas halaman mempunyai pengaruh ke peringkat situs di halaman pencarian. Skor PA dimulai dari 0 samapi 100. Makin tinggi PA, maka makin tinggi pula kesempatan sebuah halaman/page untuk mempeoleh peringkat bagus di mesin pencari. Hubungan PA dengan ranking situs mungkin akan saya jelaskan nanti pada sebuah artikel. Kalau saya jelaskan disini, nanti artikelnya akan sangat panjang jadinya. Mungkin artikel tentang Page Authority dari SEOMoz bisa Anda jadikan acuan untuk saat ini.

    Lanjut lagi ke patokan PA. Dari top 10 situs yang ada dihalaman pertama, ada 4 situs yang mempunayi PA hanya 1. Jika skor SEO on page dan tingkat kerelevanan halaman saya sama dengan situs tersebut namun PA saya lebih tinggi maka hal ini tentu akan mempermudah saya untuk mengalahkannya.

  4. Backlinks (Page Links) atau Jumlah Backlinks
    Banyak pakar SEO mengatakan jumlah backlink berpengaruh ke peringkat di mesin pencari. Namun ada juga yang mengatakan alogaritma Google saat ini tidak menghitung backlink lagi untuk memberikan peringkat ke sebuah situs. Hal ini masih menjadi kontroversi sampai saat ini. Akan tetapi berdasarkan pengalaman saya di blog-blog yang saya buat, beberapa diantaranya peringkat naik cukup drastis ketika saya memberikan beberapa backlink yang cukup berkualitas. Sedangkan yang tidak saya berikan backlinks kenaikan peringkatnya agak lambat.

    Oleh karena itu, backlink masih saya jadikan patokan sebagai indikator peringkat sebuah situs. Dan dari hasil analisa LTP, ada 5 situs yang jumlah backlink-nya 10 kebawah. Bahkan 4 diantaranya belum mempunyai backlink.

Semua data tersebut adalah data yang diperoleh oleh Long Tail Pro dari SEOMoz. Mungkin saja apabila menggunakan tool lain hasilnya akan sedikit berbeda.

Bagi saya 4 faktor tadi merupakan indaktor tingkat kesulitan sebuah kata kunci untuk bersaing di halaman 1 Google. Jika Anda mempunyai tambahan, silahkan post lewat komentar. Saya akan senang sekali jika ada yang memberikan masukan kepada saya.

Kata kunci atau keyword yang dibidik sudah saya tentukan. Selanjutnya adalah membeli domain yang tentunya berhubungan dengan kata kunci tersebut dan bahkan kalau bisa sebuah EMD (Exact Match Domain) akan sangat bagus.

Sebenarnya domain untuk kata kunci ini telah saya beli beberapa hari yang lalu dan blognya pun telah terinstall serta telah berisi beberapa artikel. Namun, sayangnya untuk domain semua EMD yang berkstensi .com, .net, dan .org (ekstensi favorit saya) untuk keyword ini sudah tidak tersedia lagi. Akhirnya saya memilih sebuah domain yang hanya penggalan dari keyword yang saya bidik. Domain dan alasan saya memilihnya akan saya sampaikan pada DBN seri selanjutnya.

5 komentar ke “Duel Blog Niche #3: Produk dan Keyword yang Saya Bidik

  1. Pertimbangan yang sangat matang…

    Banyak ilmu yang saya dapat disini. Saya tunggu niche blog live-nya..bli

    Saya sendiri masih mencari niche yang cocok..

  2. ternyata dalam menentukan keyword yang akan dibidik tidaklah mudah, perlu cermat dalam menganalisa…
    terima kasih sudha berbagi ilmu, semoga sukses dengan blog niche anda :)

  3. pilihan yang tepat bli, phen375 adalah salah satu produk favorit saya di moreniche karena konversinya sangat bagus namun sayangnya tingkat persaingan di google tidaklah semudah tahun lalu. tampaknya makin banyak yang kesengsem memburu kata kunci ini dan berbagai turunannya.

    good luck ya dengan duelnya, semoga bisa mendapat hasil yang memuaskan, amin.

  4. Artikelnya cukup memuaskan, mudah dimengerti serta pas buat saya yg lagi belajar tentang keyword niche. Tak sia2 saya googling semalem utk mencari artikel yg saya cari dan berkunjung ke blog ini adalah suatu keharusan bagi saya dlm belajar ilmu tentang internet marketing.
    Sukses selalu gan dan salam kenal.

Berikan Komentar

Gunakan nama real Anda (bukan nama blog atau kata kunci blog) pada kolom nama dibawah atau komentar Anda akan dianggap spam.