Cara Membuat Widget Artikel Populer di Blog WordPress

Widget popular post atau artikel populer di sebuah blog dapat meningkatkan jumlah pageview sebuah blog. Hal ini disebabkan oleh karena pengunjung yang datang mungkin saja tertarik dengan artikel populer tersebut dan kemudian akan melihatnya. Apabila Anda meletakkan 10 artikel terpopuler pada blog Anda maka kemungkinan besar Anda akan mendapat 10 tambahan pageviews dari 1 oarng pengunjung. Namun, hal tersebut bukanlah sesuatu yang pasti atau dengan kata lain seorang pengujung yang datang akan secara pasti mengklik popular post Anda. Tergantung juga, seberapa menarik dari judul artikel tersebut atau seberapa relevan artikel yang mereka baca dengan artikel populer tersebut.

Untuk membuat widget artikel populer atau popular post pada blog wordpress, Anda cukup menggunakan sebuah plugin yang tersedia cukup banyak. Salah satunya adalah WordPress Popular Posts. Plugin ini pula yang saya gunakan untuk membuat artikel populer pada sidebar blog Gus Adit ini. Cara membuat artikel populer dengan menggunakan plugin WordPress Popular Posts adalah sebagai berikut:

  1. Pada Dashboard blog Anda, klik Plugins » Add New.
  2. Di kotak pencarian plugin ketik WordPress Popular Posts dan Klik Search. Pada hasil cari klik Install di sebalah kanan plugins WordPress Popular Posts Version 2.0.3 By Héctor Cabrera.
  3. Wordpress polpular posts plugin

  4. Selanjutnya klik Install Now pada jendela yang muncul untuk memulai proses instalasi.
  5. Installl wordpress polpular posts plugin

  6. Setelah proses instalasi plugin selesai, klik tulisan Activate Plugin untuk mengaktifkannya.

Plugin WordPress Popular Posts sudah terpasang dan siap digunakan. Sekarang saatnya menempatkan widget artikel terpopuler (popular posts) di sidebar blog Anda. Untuk itu ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik Appearance » Widgets.
  2. Pada jendela Widgets, drag Widgets Worpdress Popular Posts dari Available Widgets ke Sidebar Anda. Kemudian klik gambar panah dibagian kanan Widget untuk membuka slider pengaturannya.
  3. Ketika slider terbuka, Anda akan melihat beberapa pengaturan yang bisa Anda lakukan pada widget Popular Posts (Artikel Populer) Anda. Ada beberapa pengaturan standar yang mesti Anda lakukan agar widget tersebut menampilkan artikel populer sesuai dengan Anda inginkan. Berikut beberapa pengaturan standar yang mesti Anda lakukan:
    • Title adalah judul yang muncul pada widget. Anda bisa memberikan judul sesuai dengan yang Anda inginkan. Mislanya “Artikel Populer” atau bisa juga yang lainnya.
    • Show up to .. post adalah jumlah artikel yang nantinya akan ditampilkan di widget popular post ini. Berikan angka yang sesuai.
    • Time range adalah jangka waktu untuk menentukan artikel populer. Anda bisa memilihnya melalui dropdown box yang tersedia. Pilih Today untuk menampilkan artikel populer hari ini saja, Last 7 Day untuk 7 hari terakhir, Last 30 Days untuk 30 hari terakhir dan All Time untuk menampilkan popular posts sepanjang waktu.
    • Sort post by berfungsi untuk menentukan acuan yang digunakan untuk menentukan sebuah artikel termasuk populer. Pada dropdown box tersebut ada 3 pilihan yaitu: Comments untuk menentukan artikel populer berdasarkan jumlah komentar, Total Views menentukan berdasarkan jumlah load halaman, dan Avg. (Average) Daily Views untuk menentukan artikel populer berdasarkan jumlah rata-rata load perhari.
    • Widget artikel populer setting 1

    • Include Pages. Jika Anda memberikan tanda cek pada opsi ini berarti static page pada blog Anda akan dimasukkan kedalam popular post.
    • Shorten title output. Jika opsi ini diberikan tanda maka judul dari artikel yang berada pada widget ini akan dipersingkat sesuai dengan jumlah karakter yang Anda masukkan. Misalkan Anda ingin mempersingkat judul menjadi hanya 25 karakter, maka berikan angka 25.
    • Display Post Excerpt. Berfungsi untuk menampilkan ringkasan dari setiap artikel populer. Jika Anda ingin menampilkannya, berikan tanda cek pada opsi ini. Kemudian masukkan jumlah karakter dari ringkasan tersebut.
    • Exclude Categories. Berfungsi untuk memfilter kategori yang akan dimasukkan ke widget artikel populer. Jika Anda ingin sebuah atau beberap akategori tidak iktu dalam widget ini, maka berikan tanda cek pada opsi tersebut dan masukkan ID kategori yang tidak Anda inginkan.
    • Display post thumbnail. Jika Anda ingin menampilkan thumbnail dari setiap artikel yang berada di widget popular post ini maka berikan tanda cek pada opsi ini dan berikan ukuran thumbnail sesuai dengan yang Anda inginkan.
    • Widget artikel populer setting 2

    • Display comment count. Berfungsi untuk menampilkan jumlah komen di setiap artikel populer. Berikan tanda cek jika Anda ingin menampilkannya.
    • Display views. Berfungsi untuk menampilkan jumlah load (kunjungan) di setiap artikel populer. Berikan tanda cek jika Anda ingin menampilkannya.
    • Display author. Berfungsi untuk menampilkan author di setiap artikel populer. Berikan tanda cek jika Anda ingin menampilkannya.
    • Display date. Berfungsi untuk menampilkan tanggal posting di setiap artikel populer. Berikan tanda cek jika Anda ingin menampilkannya.
    • Widget artikel populer setting 3

    • Use custom HTML Markup. Berfungsi untuk menampilkan HTML markup pada setiap artikel populer. Jika Anda tidak mengerti tentang html markup lebih baik biarkan opsi ini tidak ditandai.
    • Use content formatting tags. Berfungsi untuk melakukan formating tags pada setiap artikel populer. Jika Anda tidak mengerti tentang formating tags lebih baik biarkan opsi ini tidak ditandai.
    • Widget artikel populer setting 4

  4. Jika semua setting sudah Anda lakukan, klik tombol Save untuk menyimpan setting dari widget artikel populer.

Sampai disini semuanya telah selesai. Kini widget artikel populer (popular posts) telah terpasang pada blog Anda. Pada kesempatan selanjutnya saya akan mengajak Anda untuk memasang artikel populer pada sebuah postingan atau static page. Untuk itu, bagi Anda yang belum berlangganan silahkan berlangganan artikel dahulu. Kenapa? Agar, jika saya sudah memposting artikel tersebut Anda bisa menerimanya melalui RSS reader Anda atau email Anda. (Baca cara berlangganan artikel blog untuk panduan).

Sekian tutorial cara membuat widget artikel populer (popular posts) di blog WordPress. Semoga bermanfaat. Jika Anda mau menambahkan atau mengkoreksi tulisan saya, silahkan ajukan melalui kotak komentar. Bagaimanapun saya juga baru belajar, tentu tak luput dari kesalahan. Salam!

38 komentar ke “Cara Membuat Widget Artikel Populer di Blog WordPress

  1. Bisa tanya ya Bli Gus, menurut pengalamannya, apakah dengan memasang plugins ini loading blog tetap bisa stabil dan tidak akan mempengaruhi edit themes yang sudah ada related post dan sejenisnya.
    Suksema Nggih Bli Gus atas penjelasannya…

  2. Bli Gus, Saya sudah menggunakannya, tapi dengan pengaturan yang minim. Sekedar menampilkan popular post di sidebar saja.

    Yang saya sukai dari widget ini adalah, adanya menu Popular post di Dashboard. Mantap.

    • @TuSuda: Suksma mewali Bli Tu.Selama saya memakai wordpress, belum ada maslah Bli. Loading blog relatif stabil dan tidak mempengaruhi edit theme.
      @Budiastawa: Memang dengan adanya menu popular posts, kita selalu bisa mengetahui artikel mana yang ngetop di blog tiap harinya. Saya juga sangat suka dengan plugin yang satu ini Bli.

      • Nggih Bli Gus, tiyang akan terapkan. Kalau sudah jadi akan saya laporkan balik hasilnya. Sukesma banget…
        Raharjeng nyanggre rahinan Galungan miwah Kuningan, dumogi setata kertha raharja sareng sami.

        • Saya sudah coba, sepertti diatas, tapi mengapa artikel yang muncul tetap saja 3 buah (bukan 10 artikel). Kira2 dimana letak kesalahan teknisnya yg saya terapkan, ya Bli. Mohon dikoreksi…Makasi.

          • Suksma. Bli Tu memasang plugin ini sudah lama atau baru? Jika baru, mungkin karena artikel populer yang terdeteksi baru 3. Coba juga dicek melalui menu Dashboard » WordPress Popular Stats. Apakah artikel populernya juga cuma 3? Jika ya, coba ditunggu 1 atau sampai 3 hari. Biar yang terdeteksi sebagai popular post tambah banyak.

  3. HALLO Bli Gus, ternyata yang saya laporkan tadi seperti yang Bli sampaikan baru terceteksi 3 saja. SAAT saya sampaikan hal ini, SEKARANG sudah menjadi 10 (sepuluh) artikel seperti yang diseting. SUKSEMA ya BLi Gus, atas segala tutorial penjelasannya.

  4. Wah, ini yang belum saya pasang di blog saya gus. Maklum, jumlah posting masih di bawah 50. Tapi kayaknya sudah saatnya harus saya gunakan, biar ada referensi lain bagi pengunjung. Makasih banyak buat tutorialnya yang sangat lengkap dan jelas. Mempermudah saya banget deh pokoknya.

    • Coba tunggu 1 atau 2 hari mas. Hal ini karena popular post belum punya record mengenai halaman yang sering dikunjungi. Kasusnya hampir sama dengan yang dialami oleh Bli TuSuda yang diutarakan pada komentar diatas. Setelah sehari artikel populernya mulai kelihatan.

  5. HAHAHA..
    LUAR BIASA DAHSYAT POSTINGANNYA..
    MAAKASIH BANG..
    ANE BARU BKIN BLOG DI WP N GTW CARA MASUKIN PLUGIN MOST VIEWED DI SIDEBAR..
    MAKASIH BANGET INFONYA..

    • Pake css. Bisa ditambahkan kode ini di css kalau Anda memakai plugin di artikel ini:

      /* Kode dibawah ini akan menyembunyikan widget */
      .popular-posts{display:none;}
      /* Kode dibawah ini akan menampilkan widget pada layar dengan lebar minum 960px */
      @media screen and (min-width: 960px) {
      .popular-posts{display:block !important;}
      }

      Dicoba aja dulu mas.

Berikan Komentar

Gunakan nama real Anda (bukan nama blog atau kata kunci blog) pada kolom nama dibawah atau komentar Anda akan dianggap spam.