Cara Install WordPress di Hosting

Payoneer

Setelah membahas mengenai cara mengarahkan domain ke server hosting, kini saya ingin membahas cara install WordPress pada Hosting. Cara menginstall WordPress pada sisi hosting sebenarnya ada 2 cara yaitu dengan menggunakan simple scripts dan dengan menggunakan Fantastico. Namun, pada tutorial kali ini yang saya bahas adalah cara menginstall WordPress dengan simple scripts. Kenapa? Karena menginstall wordpress dengan simple scripts lebih mudah dari pada dengan Fantastico. Selain itu, kebetulan juga pada web hosting yang saya gunakan tersedia fasilitas simple scripts.

Dengan simple script, Anda hanya butuh 3 langkah untuk mengistall wordpress. Anda juga tidak usah membuat database sendiri karena simple scripts bisa membuat database secara otomatis untuk blog wordpress Anda. Selain itu, sekarang ini mungkin sudah sebagian web hosting menyediakan fasilitas simple scripts disamping fasilitas Fantastico.

Langsung saja saya bahas cara menginstall wordpress dengan menggunakan simple scripts. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Login ke cPanel hosting Anda. Setelah login ke cPanel lihat ke bagian Software/Services. Jika hosting Anda menyediakan simple scripts, Anda akan menemukan sebuah icon WordPress pada bagian tersebut. Klik untuk memulai instalasi WordPress
  2. Simple Scripts WordPress

  3. Pada jendela selanjutnya, Anda akan melihat sedikit deskripsi tentang WordPress dan versi terakhir yang paling stabil. Klik tombol Install untuk melanjutkan.
  4. Install WordPress

  5. Selanjutnya Anda akan melihat halaman setting install. Halaman ini terdiri dari 3 bagian, yaitu Installation Preferences, Advamced Options dan Legal Information.
  6. Install Preferences

  7. Pada bagian pertama yaitu Installation Preferences, pilih versi WordPress yang Anda inginkan pada input pertama. Sampai saat ini versi terakhir yang stabil ada WordPress 2.9.2. Kemudian di bawahnya pilih lokasi instalasi. Pada drop down box yang disediakan, pilih alamat blog Anda nantinya. Biasanya ada dua pilihan, dengan menggunakan www atau tidak menggunakan www. Contohnya pada blog Gus Adit ini menggunakan alamat www. Kemudian jika Anda ingin menginstal WordPress pada halaman root, kotak input yang kedua dikosongkan saja. Namun, jika Anda ingin menginstall WordPress pada directory lain, maka masukkan nama directory pada input tersebut. Misalnya nama directory yang Anda masukkan “blog” (tanpa tanda kutip), maka blog Anda nantinya akan diakses dengan alamat “http://www.domainanda.com/blog/”.
  8. Setting Instalasi WordPress

  9. Selanjutnya pada bagian kedua yaitu Advanced Options yang berada dibawahnya, Anda boleh memasukkan Nama Blog, Username, Password dan Database. Untuk itu, masukkan Nama blog, Username dan Password yang nantinya digunakan untuk login ke dashboard. Untuk database berikan tanda cek (rumput) agar database dibuat secara otomatis. Namun, pada bagian ini Anda juga bisa membiarkan opsi default, dimana nama blog, username, password dan database akan dibuat secara auto generate. Usernama dan password, nantinya akan dikirm melalui email.
  10. Setting Advanced Options Install Wordpres

  11. Pada bagian ketiga yang berada di bawah Advanced Options, berikan tanda cek pada Icheckbox “I have read the terms and conditions… ” dan klik tombol Complete.

Legal Information
Sekarang proses installasi WordPress sudah dimulai. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai. Ketika proses selesai Anda akan diberikat informasi mengenai blog Anda, diantarnya:

  • Site URL: alamat blog Anda.
  • Login URL: alamat url untuk mengakses blog Anda. Biasanya alamat ini seperti ini: http://www.domainanda.com/wp-admin.
  • Username: Username yang diigunakan untuk mengakses dashboard Blog.
  • Password: Password yang diigunakan untuk mengakses dashboard Blog.

Sampai disini semua proses instalasi WordPress telah selesai. Kini Anda bisa mengakses dashboard blog Anda untuk melakukan pengaturan seperti menganti tema, memasang plugins atau membuat post pertama Anda.

Sekian tutorial cara install WordPress di Hosting dengan menggunakan simple scripts. Pada artikel selanjutnya, saya akan mengajak Anda untuk melakukan pengaturan lebih lanjut blog WordPress Anda. Semoga bermanfaat dan selamt mencoba!

Hosting Blog WordPress MurahButuh web-hosting tangguh untuk website Anda?
Saya rekomendasikan hosting berikut:
Hostgator
Dengan system pembayaran bulanan atau tahunan mulai dari $3.96/bulan Anda bisa mendapatkan paket hosting dengan fitur:
Unlimited Disk Space
Unlimited Bandwidth
Unlimited Subdomains
Unlimited Email Accounts
Unlimited FTP Accounts

Anda bisa menggunakan coupon: GUSADIT25OFF untuk mendapatkan diskon sebesar 25%. Langsung saja kunjungi Hostgator

32 komentar ke “Cara Install WordPress di Hosting

  1. berguna bngt gan infonya.,.,
    sorry gan,,,sekalian tanya nih untuk hostingan yg suport simple sricpt dimana ya,.,.yg bagus gtu gan,.,.
    nuhun gan ///

  2. mav gan numpang tanya……tuh kalo kita instal d hosting sendiri efeknya apa y ma blog kita…..soalnya saya sudah buat blog dari mei tahun lalu….apa kalo baru dinstal sekarang, ga bermasalah ma blog saya (setingan,artikel,alexa,trafixrank dll yg sudah ada??) mohon penjelasan gan…….mav masih amatir soalnya gan…..

  3. Sy pernah install wp dg domain & hosting gratis tdk masalah, waktu install wp di domain & hosting berbayar dg fantastico maupun simple script udah berhasil tapi waktu diakses hanya muncul Index of/. Untuk login ke wp-admin juga tdk bisa, bisa memberi solusi gan?

  4. ‎[HELP!!] Simple Script di BlueHost error!!
    Dimohon sekali bantuannya Pak,

    Saya baru register Hosting pakai BlueHost, dan untuk instalasi wordpress, saya menggunakan Simple Script, tapi tiap kali di klik Logo Simple Scriptnya, pasti keluar tulisan seperti ini:

    This webpage has a redirect loop
    The webpage at https://www.simplescripts.com/login?token=E1CCD41B1261F02770AEA5B3A9A6EF4B has resulted in too many redirects. Clearing your cookies for this site or allowing third-party cookies may fix the problem. If not, it is possibly a server configuration issue and not a problem with your computer.
    Here are some suggestions:
    Reload this webpage later.
    Learn more about this problem.

    Nah, kira2 apa yg harus dilakukan? Apakah ada sesutu yg salah di situ?

    Terima Kasih.. :)

  5. Kalau setelah klik “Install” tapi muncul pesan error:
    “Automatic Server Configuration Failed
    This may be caused by .htaccess rewrites or redirects, DNS propagation issues, missing root folders, or password authentication. If none of these look familiar, please contact your server admin or web host for more information.”
    ane ga mudeng itu gan
    Beli domain .com cuma $4.9 di sini pake kupon PROMO495

    • Klo isi pesannya kira2 artinya seperti ini:

      Hal ini disebabkan oleh adanya redirect url di file .htaccess, masalah pada DNS propagation, folder root yang hilang atau masalah pada autentikasi password.”

      Memang sebelumnya, mas pernah melakukan perubahan file .htaccess, atau DNS?

Berikan Komentar

Gunakan nama real Anda (bukan nama blog atau kata kunci blog) pada kolom nama dibawah atau komentar Anda akan dianggap spam.