Backup Blog WordPress Melalui Dashboard dengan BackWPup

Payoneer

Bagi Anda pemilik blog, proses backup mungkin sudah menjadi hal yang wajib Anda lakukan. Hal ini bertujuan untuk berjaga-jaga apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terhadap blog kita. Bagi pengguna blog WordPress yang dihosting sendiri, proses backup biasanya Anda lakukan dari cPanel hosting yang Anda gunakan. Namun, apakah Anda sudah mencoba melakukan backup langsung dari dashboard blog Anda? Sehingga Anda tidak perlu lagi masuk ke cPanel hosting.

Apa bisa? Mungkin pertanyaan tersebut muncul dari Anda. Dengan bantuan sebuah plugin hal tersebut bisa Anda lakukan. Nama plugin tersebut adalah BackWPup. Dengan plugin BackWPup, Anda bisa melakukan backup blog WordPress dengan mudah melalui halaman Dashboard blog. Hanya dengan beberapa langkah proses backup blog wordpress Anda sudah berjalan. Selian itu, dengan plugin BackWPup, proses backup juga bisa dijalankan dengan sistem terjadwal sesuai dengan keinginan Anda. Baik perjam, perhari, permingu, maupun perbulan. Andapun mempunyai opsi file, folder atau table database mana saja yang akan dibackup atau tidak dimasukkan dalam backup.

Cara Install Plugin BackWPup
Cara install/memasang plugin BackWPup di blog WordPress Anda sangat mudah. Sama seperti memasang plugin lainnya. Namun, perlu Anda ketahui, versi WordPress yang disupport ada WordPress 3.1 keatas. Jadi bagi Anda yang masih menggunakan WordPress dengan versi dibawah itu, segera upgrade WordPress Anda ke versi 3.1 keatas. Berikut cara install plugin BackWPup:

  1. Login ke Dasboard wordpress Anda. Pada halaman dashboard, klik menu Plugin » Add New.
  2. Pada halaman Install Plugin, masukkan kata kunci BackWPup pada kotak input search dan klik tombol Search
  3. Search Plugin BackWPup

  4. Selanjutnya, klik Install Now pada plugin bernama BackWPup. Pada saat artikel ini dibuat versi dari plugin ini adalah 2.1.3.
  5. Install Plugin BackWPup

  6. Kemudian klik OK pada dialog yang muncul dan proses install plugin akan dimulai.
  7. Terakhir, setelah plugin terinstall, klik link Activate Plugin untuk mengaktifkan plugin.
  8. Activate Plugin BackWPup

Sampai tahan ini plugin BackWPup telah terinstall pada blog WordPress Anda. Selanjutnya, Anda tinggal melakukan pengaturan pada plugin ini melalui menu BAckWPup di dashboard wordpress Anda.

Jika Anda tidak yakin pengaturan apa saja yang perlu dilakukan, pada artikel berikutnya saya akan bahas mengenai cara setting plugin BackWPup. Agar Anda tidak ketinggalan artikel tersebut, silahkan berlanggaan artikel blog ini melalui RSS atau melalui email melalui form yang ada dibawah artikel ini.

Hosting Blog WordPress MurahButuh web-hosting tangguh untuk website Anda?
Saya rekomendasikan hosting berikut:
Hostgator
Dengan system pembayaran bulanan atau tahunan mulai dari $3.96/bulan Anda bisa mendapatkan paket hosting dengan fitur:
Unlimited Disk Space
Unlimited Bandwidth
Unlimited Subdomains
Unlimited Email Accounts
Unlimited FTP Accounts

Anda bisa menggunakan coupon: GUSADIT25OFF untuk mendapatkan diskon sebesar 25%. Langsung saja kunjungi Hostgator

8 komentar ke “Backup Blog WordPress Melalui Dashboard dengan BackWPup

  1. ternyata ada plugin nya ya, baru tau saya, dulu sempat kurang tau ada plugin backup,maklum masih kurang menguasai wordpress…tapi itu tutorialnya mudah dipraktekan ya…

Berikan Komentar

Gunakan nama real Anda (bukan nama blog atau kata kunci blog) pada kolom nama dibawah atau komentar Anda akan dianggap spam.