2 Plugin Statistik Blog WordPress

Payoneer

Pada artikel cara mendaftar dan memasang google Analytics yang saya posting kemarin, seorang kawan, Bli TuSuda menanyakan tentang cara memasang plugin statistik lain beserta perbedaanya. Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya ingin membahas tentang plugin statistik untuk blog WordPress. Sebetulnya banyak sekali plugin statistik yang tersedia untuk blog wordpress. Namun, kali ini saya bahas 2 plugin saja. Hal ini karena menurut saya 2 plugin inilah yang menurut saya sangat bagus dan mungkin sebagian besar blogger sudah menggunakannya. 2 plugin statistik untuk blog WordPress yang saya maksud adalah WordPress.com stats dan StatPress. Namun, jika Anda mempunyai plugin statistik lain yang menurut Anda lebih bagus, silahkan di share melalui kotak komentar.


WordPress.com Stats
Plugin WordPress.com Stats adalah sebuah plugin statistik blog yang dibuat oleh Andy Skelton. Pada saat posting ini dibuat WordPress.com Stats telah mencapai versi 1.6.3. Jika Anda pengguna wordpress.com plugin ini tidak perlu diinstall lagi karena sudah langsung terpasang ketika blog dibuat. Namun, bagi Anda pengguna self hosting blog (blog yang di hosting sendiri) dengan WordPress.org, Anda perlu menginstall plugin ini terlebih dahulu. Namun, agar plugin ini dapat berfungsi, Anda harus memasukkan API Key terlebih dahulu. Sama seperti mengaktifkan plugin akismet.

Plugin WordPress.com Stats cukup informatif memberikan statistik blog Anda. Sejak mulai diaktifkan plugin ini akan mengumpulkan informasi mengenai statistik blog. Informasi mengenai blog yang disajikan oleh plugin ini kepada Anda adalah:

  1. Pageviews atau jumlah kunjungan. Pageviews ini ditampilkan dalam sebuah grafik. Melalui grafik ini Anda bisa melihat pageview perhari, perminggu dan pebulan.
  2. Grafik Pageviews

  3. Referrers adalah website asal datangnya pengunjung blog Anda. Refferes akan menampilkan link yang diklik pengunjung hingga masuk ke blog Anda.
  4. Referrers

  5. Top Posts & Pages menampilkan posting yang paling banyak di kunjungi.
  6. Top Posts & Pages

  7. Search Engine Terms menampilkan data keyword (kata kunci) yang dicari oleh pengunjung hingga masuk ke blog Anda.
  8. Search Engine Terms

  9. Clicks menampilkan daftar link yang diklik oleh pengunjung selama berada di blog Anda.
  10. Clicks

  11. Blog Stats menampilan rangkuman dari statistik blog mulai dari Total view (totla kunjungan), Busiest day (hari kunjungan terbanyak) dan Views today (kunjungan hari ini).
  12. Blog Stats

  13. Incoming Links menampilkan backlink yang mengarah ke blog Anda. Informasi ini cukup bagus untuk mengetahui jika ada seseorang me-link blog Anda.
  14. Incoming Links

Perlu Anda ketahui, jika Anda mengakses halaman statistik ini di dashboard blog Anda, tampilan statistik khususnya tentang Referrers, Top Posts & Pages dan Search Engine Terms hanya untuk hari ini dan kemarin saja. Untuk melihat statistik pada tanggal tertentu Anda dapat melakukannya dengan mengklik gambar bulatan kecil pada grafik untuk tanggal yang anda inginkan.

Cara Install Plugin WordPress Stats
Cara memasang plugin WordPress.com Stats ini tidaklah sulit, hampir sama dengan plugin yang lainnya yang telah saya bahas sebelumnya seperti pada artikel cara membuat widget artikel populer, yaitu sebagia berikut:

  1. Klik Plugins » Add New. Pada kotak pencarian ketik “WordPress.com stats” dan klik Search.
  2. Pada halaman hasil cari, klik Install pada plugin WordPress.com stats versi 1.6.3 dari Andy Skelton.
  3. Install WordPress.com Stats

  4. pada jendela yang muncul klik tulisan Install Now pada pojok kanan atas jendela.
  5. Setelah proses install selesai klik tulisan Activate Plugin.

Setelah Anda melakukan langkah terakhir tadi, bukan berarti plugin WordPress.com Stats ini sudah berfungsi. Masih satu langkah lagi yang harus Anda lakukan agar plugin ini mulai bekerja yaitu memasukkan API Key.

Bagaimana cara mendapatkan API Key ini? Silahkan mendaftar pada WordPress.com. Setelah mendaftar, masuklan ke global dahsboard Anda. Klik pada Profile » Personal Settings. Pada halaman personal setting ini, lihat pada bagian atas. API Key Anda berada disana.

API Key
Setelah Anda mendapatkan API Key, kini saatnya memasukkan API Key tersebut agar plugin WordPress.com Stats segera berfungsi. Untuk itu, pada dahsboard blog Anda klik Plugins » WordPress.com Stats. Pada halaman setting tersebut, masukkan API Key Anda dan klik Save.

Masukkan API Key
Kini plugin WordPress.com Stats Anda telah berfungsi dan siap digunakan untuk melihat statistik blog.

Untuk pembahasan mengenai plugin WordPress.com Stats saya rasa cukup sampai disini dulu. Mengenai plugin statistik yang kedua yaitu StatPress akan saya bahas pada artikel selanjutnya.

Gambar statistik diambil dari statistik blog saya yang Dunia Komputer.

Hosting Blog WordPress MurahButuh web-hosting tangguh untuk website Anda?
Saya rekomendasikan hosting berikut:
Hostgator
Dengan system pembayaran bulanan atau tahunan mulai dari $3.96/bulan Anda bisa mendapatkan paket hosting dengan fitur:
Unlimited Disk Space
Unlimited Bandwidth
Unlimited Subdomains
Unlimited Email Accounts
Unlimited FTP Accounts

Anda bisa menggunakan coupon: GUSADIT25OFF untuk mendapatkan diskon sebesar 25%. Langsung saja kunjungi Hostgator

30 komentar ke “2 Plugin Statistik Blog WordPress

  1. Suksema banget atas tanggapan terhadap pertanyaan saya ya Bli Gus.
    BTW, statistik pengunjungnya bagus sekali Bli, bisa tembus ribuan angka per hari. Dibandingkan blog tusuda baru ratusan (data terakhir 100 view per day).
    Bagaimanakah rahasia cara mencapainya Bli Gus, semoga berkenan bisa dijelaskan dalam tutorial berikutnya. Makasi nggih…
    He..he..MAAF, saya selalu merepotkan Bli Gus.

    • @Camera: Makasi mas!
      @TuSuda: Statistik itu dari blog Dunia Komputer saya bli Putu. Saya hanya mengandalkan search engine untuk traffic. Soalnya untuk blogwalking waktu tidak memungkinkan. Mungkin sedikit tips untuk meningkatkan traffic yaitu riset keyword yang paling sering dicari lalu mensubmitnya ke social bookmark agar mendapat backlink. Seperti yang dilakukan kebanyakan blogger. Itu saja bli Putu. Tidak ada tips special. he.. Mungkin nanti saya bahas tentang Search Engine.
      @Reza: Ya mas lumayan banyak. Plugin StatPress, ketika baru satu hari saya pasang sudah memakan 0,53 MB space. Namun, mungkin bagi yang pake hosting unlimited space, hal ini tidak masalah.

    • Coba pakai statcounter.com (ada pluginnya). Tinggal buat akun di sana trus tambahkan Project dan masukkan alamat website yang akan di track pengunjungnya. Saat membuat project, atur agar statnya visible to public. Klo butuh bantuan nanti saya bantu membuat project disana.

Berikan Komentar

Gunakan nama real Anda (bukan nama blog atau kata kunci blog) pada kolom nama dibawah atau komentar Anda akan dianggap spam.